tips n trik mobkas

cek yang ini juga


tambahan dikit bos buat bagian body kalo misalnya ada yg mulus(sudah cat ulang) trus naksir n ga mau ngecat body lagi biar temen2 ga ketipu;
1.sebelum lebih jauh ngetes mobil yang paling gampang buka karet balon yg ada di bag bagasi or pintu belakang apakah garisnya sempurna atau engga karena cuma di bagian situ yg ga bisa di akalin n di ganti part nya, artinya apakah mobil tsb pernah di sundul dari belakang apa ngga, trus untuk bagian pintu2 juga, gpp tarik aja karet balonnya biar kita tau apa nih mobil pernah terguling apa ngga karena tukang ketok manapun ga bisa bikin lurus lipatan/pertemuan plat pembentuk body biar bisapun kandungan galvanis akan rusak n keliatan bunting (gelembung udara campur karat karena proses las), n untuk bagian depan perhatiin crossmember pemegang radiator apakah ada bekas ketok/lasnya akan terlihat kok biarpun udah di cat lagi tuh crossmember, trus liatin juga apakah ada bekas ketokan yg ada di inner fender (posisi diatas roda di belakang lampu) .
2. untuk masalah chasis usahakan mobil berhenti di tempat yg datar. liat apakah mobil agak miring atau center, cara yg gampang ukur pakai jari jarak antara ban dengan spakboard baik dari depan atas n belakang semua harus sama kalo ada perbedaan antara ban bagian kanan n kiri gue jamin tuh mobil “lari anjing” bodi miring jalan lurus.
3. untuk mesin misalnya sudah ada kesempatan untuk tes, intip temperatur saat ignition acc n belum di start liat temperatur kalo lo liat temp mesin dingin lo starter n liat knalpot apakan ada keluar air atau ampas oli, kalo ampas oli lo tinggal aja tuh mobil krn bakalan jajan banyak. suara juga diperhatiin, tips penting jgn pernah ngecek suara mesin kalo mesin masih dingin karena metal2 saat dingin belum pada memuai dengan sempurna jadi intinya klo denger suara mesin tungguin sampai tempnya iddle, setelah iddle tarik gas secara bertahap dari rpm 800 (tanpa AC) sampai 3000 konsentrasi dengernya apakah ada suara knocking di daerah busi sampai ke bawah karena kalo sampai ada lumayan tuh minm2 top Overhaul malah bisa full jutaan lagi keluarnya
pegel ah udah segitu dulu semoga bisa membantu


Last edited by yudineng; 11-01-2009 at 12:02 AM.. Reason: kurang dikit

 

 

 

 

Update


Perlu diingat bahwa membeli mobil bekas sama saja dengan membeli risiko. Karena, kendaraan yang sudah dianggap bagus, begitu pindah tangan banyak yang rusak. Menjadi lebih jengkel, saat kondisi lalulintas padat mendadak mesin overheat. Supaya tidak kecele, ketika hendak membeli mobil bisa membawa mekanik. Paling tidak ia mengerti kondisi mesin. Lebih bagus juga paham kaki-kaki dan bodi.

Kalau tidak punya kenalan mekanik, 11 petunjuk di bawah ini bisa membantu proses penelitian agar Anda tidak tertipu. Sebelas di antaranya merupakan masalah yang umum muncul di mobil bekas.

Spoiler for TAMBAHAN PERTAMA:

  1. Lihat BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor)
    Untuk mengetahui mobil sudah berpindah tangan berapa kali. Termasuk juga keaslian warna. Perhatikan lokasi tinggal pemilik pertama. Kalau dekat dengan laut, sebaiknya jangan dibeli. Karena kemungkinan karatnya besar lantaran udaranya mengandung garam.
  2. Lampu-lampu
    Mulai depan (lampu utama), belakang, kabin hingga indikator. Ini perlu, terutama untuk mobil yang usia sudah di atas 10 tahun. Selain dari umur bohlam, kerja lampu juga dipengaruhi oleh kondisi soket, kabel, sekring dan sistem kelistrikan lainnya. Ganti bohlam saja murah, tapi kalau harus sistem kabel, dananya cukup besar.
  3. Sepatu rem
    Tak cukup dengan dilihat, tapi dijalankan dengan kecepatan bervariasi sambil menginjak pedal rem. Dengarkan muncul tidak suara berdecit secara kontinyu. Atau kaki terasa bergetar, kemungkinan sepatu rem sudah tipis dan ada area yang bersentuhan dengan cakram. Jika kaki seperti menendang balik menandakan piring cakram tidak rata.
  4. Filter
    Ada tiga, yakni filter udara, oli, bahan bakar. Jika semua kondisinya baik bisa memperpanjang umur pakai mobil. Sebaliknya, salah satu filter atau semuanya kotor atau mampat.Biaya penggantiannya memang tidak mahal. Tapi jika Anda mendapati kondisi filter udara mesin kotor, kondisi mesin relatif sudah menurun. Sementara komponen itu paling mudah diganti. Jadi jika filter udara yang kotor saja tidak diganti, bagaimana dengan filter lainnya?
  5. Busi
    Lemahnya kondisi busi dapat menyebabkan kerja mesin menurun. Karena bisa membuat konsumsi bbm lebih boros, menaikkan emisi gas buang serta berakibat kerja mesin jadi tersendat karena gagal memercik. Biasanya, untuk mengakali busi yang sudah aus, celah dibuat lebih rapat dengan elektroda. Sehingga mesin bisa bekerja normal. Tapi hal itu tidak bertahan lama. Jadi sebaiknya, setelah mobil dibeli, busi ini segera diganti.
  6. Aki
    Untuk mengecek kemampuan menampung arus listrik aki mobil memang butuh alat khusus. Tapi Anda bisa melihat tinggi cairan, dan jika dinding aki tembus pandang perhatikan apakah sel-sel sudah ada yang melengkung. Perhatikan pula jika ada korosi pada terminal aki. Lihat juga kabel positif dan negatif yang mungkin longgar. Korosi dan kabel kendur membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga tidak cukup kuat untuk memutar mesin.
  7. Belt
    Belt yang slip dapat menimbulkan suara berdecit yang keras. Kendurnya belt dapat mempengaruhi pendinginan mesin, kerja alternator, power steering dan AC. Karena harga belt ini tidak mahal, jadi sebaiknya diganti setelah membeli.
  8. Sokbreker
    Komponen ini vital bagi kestabilan dan keselamatan berkendara. Jika sudah lemah atau rusak, ayunan mobil sudah tidak teredam dengan baik dan dapat memperpendek umur pakai ban. Umumnya, sokbreker oli cenderung lebih mudah dideteksi kerusakannya dengan melihat apakah ada lelehan oli pada area di sekitarnya. Masalah lainnya adalah dudukan sokbreker yang sudah diserang karat.
  9. CV joint
    Komponen ini berguna untuk menyalurkan tenaga mesin dari kopel (propeller shaft) ke as roda (drive shaft). Umumnya, masalah ini muncul akibat karet Constant Velocity Joint (CV Joint) sudah rusak dan bagian dalamnya kering dari gemuk (grease). Untuk mendeteksinya, Anda perlu test drive karena pada kecepatan tertentu akan muncul getaran berlebih. Atau dengan menikung patah dengan kecepatan rendah. Jika muncul suara berdetak, artinya komponen ini perlu diganti.

10.  Knalpot
Untuk mengecek kondisi knalpot adalah dengan melongok ke kolong mobil. Pastikan tidak ada kebocoran pada exhaust manifold, muffler dan pipa. Anda juga bisa dengan mendengarkan apakah ada suara keras yang tidak normal. Meski hal ini mudah disamarkan dengan alasan sudah dimodifikasi.

11.  Ban
Ban gundul jelas berisiko tinggi untuk berkendara. Meski hanya sebagian tapaknya saja. Ausnya sebagian tapak ban juga bisa dijadikan indikasi pemiliknya sudah lama tidak melakukan wheel alignment dan balancing. Selain itu perhatikan pula apakah ada dinding ban yang menggembung.


Last edited by yagovic; 14-08-2009 at 03:36 AM..

 

QUOTE

 

 

yagovic

 

View Public Profile

 

Find More Posts by yagovic
26-03-2009, 08:50 AM #14
yagovic

aktivis kaskus

 

UserID: 16636

Join Date: Jun 2003

Posts: 586

 

Tambahan kedua


TAMBAHAN BARU : CEK KNALPOT

Perlu diingat bahwa suara mesin yang halus belum tentu menjamin kondisinya tidak bermasalah, karena banyak juga orang yang ternyata salah mengasumsikan hal ini. Jadinya ada rasa kecewa setelah membeli mobil tersebut pun dibeli, karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk biaya perbaikannya ke bengkel mobil.

Nah…,untuk menghindari kesalahan dalam menilai kondisi mesin mobil berbahan bakar bensin, ada cara lain yang sangat mudah untuk mengetahui kondisi mesin , yaitu bisa melihat dan menjadikan kondisi ujung knalpot mobil tersebut sebagai indikator kondisi mesin.

Spoiler for CEK KNALPOT:

  1. Terdapat Lelehan Oli
    Jika ujung knalpot seperti ini, berarti ada masalah pada mesin, penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan pada seal klep, ring piston atau sudah terdapat adanya baret pada dinding silinder mesin sehingga oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Biasanya jika terjadi hal ini, knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih yang pekat saat mesin menyala.
  2. Terdapat Kerak Hitam Karbon
    Kerak hitam pada ujung knalpot disebabkan karena tidak sempurnanya pembakaran pada mesin. Terlalu banyak bensin dibanding udara dalam ruang mesin, sehingga banyak bensin yang tidak terbakar sempurna yang kemudian menghasilkan asap dan kerak hitam pada saluran knalpot. Jika terjadi hal ini biasanya mesin brebet, tidak bertenaga dan boros bensin. Asap hitam juga bisa disebabkan karena saringan udara kotor ataupun injector bermasalah.
  3. Bersih dan berwarna abu-abu
    Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa pembakaran mesin sudah ideal, perbandingan antara bensin dan udara untuk proses pembakaran sudah seimbang. Proses menyeimbangkan campuran antara bensin dan udara lebih untuk mesin mobil yang masih menggunakan karburator, karena jika yang menggunakan sistem injeksi, pengaturan perbandingannya (Air Fuel Ratio) sudah akurat karena sudah diatur oleh ECU, jelas Rudi, mekanik dari bengkel Latimojong di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
  4. Tetesan / Percikan Air : Jika terdapat tetesan air pada saat mesin dalam kondisi dingin adalah hal yang wajar. Ini disebabkan karena adanya proses kondensasi yang menyebabkan adanya embun atau uap air pada saluran knalpot, air pun akan segera hilang setelah mesin panas. Namun jika air masih tetap keluar secara terus menerus setelah mesin panas, maka dapat dipastikan bahwa adanya kebocoran pada paking head sehingga air radiator masuk ke dalam mesin, lama kelamaan hal ini bisa merusak mesin karena korosi pada dinding silinder.


NGOMONG2 KOQ GAK PRNAH ADA YANG NGASIH IJO2 DARI THREAT INI YA….
TUNJUKKAN KASKUSMU DOOOONG !!!

 

 

 

wah gan nice info

sekedar sharing.. saya bulan desember 08 beli honda jazz vtec sport, bukan yang top grade. harga bisa dibilang murah dan memang pasaran nya. warna putih mutiara, body semua orisinil (terlihat oleh mata awam) cuma velg uda variasi tapi saya masi menganggap wajar.dibelilah mobil tersebut

Begitu beli saya langsung bungkus jok mobil dengan semi kulit full interior habis 2,5 jt
setelah 2 minggu pakai, power window rusak. 3 dari 4 jendela harus diperbaiki, lalu saya perbaiki dan habis Rp. 100.000
setelah 1 bulan pakai, terlihat semprotan air untuk wiper belakang tidak jalan. saya perbaiki lagi dan habis Rp. 150.000
setelah 1 bulan lebih saya membeli buku servis lagi karena yang sebelumnya hilang, habis Rp. 110.000
tidak lama kemudian ac kurang dingin, saya isi freon plus sedikit perbaikan habis Rp. 150.000
Dana yang saya keluarkan diatas,masi saya anggap normal dan tidak menyadari keanehan2

setelah 3 bulan mobil mogok, ternyata aki bukan orisinil lalu saya ganti dengan yang baru habis Rp. 700.000 plus dll
setelah 4 bulan mobil mogok tapi ternyata bisa jalan kembali, tapi saya tidak melakukan pengecekan
setelah 4,5 bulan mobil saya mogok dan sampai2 saya buat thread dengan judul “uda panas ga ada duit mobil mogok lagi”
setelah di cek ternyata mobil tersebut bekas tabrakan parah, sampai2 turun mesin dll, cat bukan orisinil, dan montir Honda resmi bilang klo ini bakal ada lagi masalah2 lagi. begitu syok dan merasa tertipu oleh orang yang menjual mobil tersebut

sekarnag mobil tersebut sudah dikembalikan ke penjual yang waktu itu saya beli, dan total saya sudah rugi 20jt karena si penjual menerima mobil tersebut dengan harga rendah

sekedar info, sebelum membeli pastikan anda membawa orang yang benar2 ahli dan tau seluk beluk tentang kendaraan supaya juragan2 tidak tertipu seperti yang saya alami.
cek ulang semua, mulai dari kap mesin, pintu dan bagasi. cek mesin dan yang paling aman bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.

 

 

 

 

nais info gan…

btw mau sedikit nambahin gan…
gapapa kan…hehehe…

khusus buat yang mau beli mobil eropa selain perhatikan kondisi mesin (tentunya)
hal2 dibawah ini juga perlu perhatian lebih waktu kita liat2 mobil eropa 2nd:
1. ornamen body (lis2 chrome, emblem, dll)
ini penting soalnya selain barang pengganti susah didapat pas barangnya ada harganya selangit…(bayangin aja emblem 320i punya BMW 1995 harganya tembus Rp 400rb, atau lis chrome seken mercy tiger sepotong harganya bisa >Rp 700rb, lampu belakang peugeot 505GR Rp 550rb sebelah) pengalaman pribadi nih gan…
2. kelengkapan Interior (lampu interior,kondisi jok, kondisi plafond,doortrim, kelancaran fungsi indikator di panel instrumen)
alasannya sama kaya diatas…barang ga ada di pasaran…kalaupun ada harga selangit…
selain itu keutuhan interior mobil eropa terutama mobil2 klasik/hobi bakal pengaruh gede banget ke harga jual kembali…

mudah2an bermanfaat…

 

 

Diterbitkan oleh

zack's idea

Merupakan Blog yang memuat berbagai idea dari penulisnya...semoga bermanfaat

Satu tanggapan untuk “tips n trik mobkas”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s